Muharram adalah bulan pertama dalam hitungan kalender Islam, atau lebih terkenal dengan tahun Hijriah. Berbeda dengan tahun Masehi yang dihitung berdasarkan perputaran Bumi terhadap Matahari, tahun Hijriah dihitung berdasarkan perputaran Bulan terhadap Bumi. Satu bulan terdiri atas 29 atau 30 hari, dan satu tahun terdiri atas 12 bulan.

Muharam sebagai tonggak hijrahnya Nabi Saw beserta sahabat ke Madinah sangat besar artinya dalam sejarah perkembangan da’wah keislaman. Karena setelah Nabi Muhammad hijrah ke Madinah, da’wah Islam mulai mencapai kejayaannya. Kalau sebelum hijrah ummat Islam adalah golongan yang ditindas maka setelah Nabi hijrah kaum muslimin telah mempunyai kedudukan yang kuat. Oleh karena itu diharapkan peristiwa hijrah akan dikenang oleh umat Islam sebagai refleksi dari perjuangan yang gigih dan pengorbanan jiwa dan raga Nabi serta para sahabatnya dalam meneggakkan Islam.

Peringatan tahun baru Islam yang dilakukan SMP Al Falah Deltasari, Sabtu, 27 Desember 2008 itu ditujukan untuk mempererat ukhuwah keislaman serta mempersiapkan generasi Islami yang berakhlakul karimah dan berlangsung sangat meriah. Ratusan siswa beserta guru pendamping memadati ruangan masjid Al Akbar Surabaya. Ini menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dalam memperingati pergantian tahun Islam. Masjid terbesar di Jawa Timur tersebut tidak lagi lengang karena kegiatan yang dikemas panita cukup semarak. Apalagi ada acara dzikir bersama yang dipimpin ustadz Ulum membuat suasana masjid menjadi syahdu dengan lantunan kalimat tauhid yang menggema. Selain itu ada acara ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Hidayat Muhsin yang berisi materi seputar Muharram.

“Semoga peringatan tahun baru Islam makin dikenal. Bukan hanya tahun baru Masehi semata. Para siswa juga bisa memperingati tahun baru Islam dengan hal yang positif dan bermanfaat,” ujar seorang ustdaz. (abdillah)