Mr Ari Spelfa

ABSTRAK

MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN JASMANI

by : Ustadz Ari Rusdiyanto, S. Pd.

KATA KUNCI : MENINGKATAN SKILL DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-2 SMP AL FALAH DELTASARI, METODE DEMONTRASI DAN LATIHAN, MODIFIKASI ALAT PERAGA BOLA PLASTIK SPON, MATERI TEKNIK PASSING ATAS BOLA VOLI

Olah raga bola voli sebenarnya disekolah merupakan kurikulum yang ada pada kompetensi dasar permainan olahraga beregu bola besar. Tapi kenyataan yang ada banyak siswa kelas VII-2 yang didominasi siswa putri belum bisa menguasai teknik bermain bola voli dengan baik, salah satunya adalah teknik passing atas. Dari pengamatan kami dilapangan hampir 90 % siswa kelas VII-2 tidak menguasai dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan kurang maksimal ditambah dengan kurang aktifnya siswa terutama siswa putri dalam memparaktikkan dan mencoba teknik pasing atas dengan berbagai alasan diantaranya takut dengan bola, ada juga yang jarinya belum kuat dan lain sebagainya .

Tujuan Penelitian ini : Untuk membuktikan bahwa metode demontrasi dan latihan dengan modifikasi alat peraga bola voli plastik yang dilapisi spon dapat meningkatkan kemampuan dan ketuntasan hasil belajar siswi kelas VII-2 pada materi pasing atas olah raga permainan bola voli

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang merupakan suatu siklus yang terdiri atas adanya masalah, rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VII-2 SMP Al Falah Deltasari tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 30 siswa.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Banyak faktor yang dapat mempengaruhi ketuntasan belajar siswa, salah satunya adalah melalui model pembelajaran dengan metode demontrasi dan latihan. (2) Dalam proses pembelajaran jasmani diperlukan adanya banyak modifikasi dan variasi pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran dengan metode demontrasi dan latihan dengan modifikasi alat peraga bola voli plastik yang dilapisi spon ada dampak perubahan motivasi ketuntasan belajar dan sekaligus meningkatkan percaya diri siswa. Oleh karena itu siswa diharapkan dapat belajar sambil berlatih tanpa rasa takut lagi dengan bola. Dengan kegiatan ini pula diharapkan kemampuan afekfif, kognitif, dan psikomotorik siswa dapat berkembang lebih baik lagi.

Iklan