Ari Spelfa

by : Ustadz Ari Rusdiyanto, S. Pd.

LPF adalah lembaga yang menangani pendidikan dan berada langsung dibawah naungan masjid Al Falah yang mempunyai :

VISI : Lembaga pendidikan yang seluruh aspek kegiatan pendidikanya mengacu pada nilai-nilai Islam dengan dasar Al Qur’an dan Al Hadits.

MISI : Berdakwah melalui pendidikan dan membantu orang tua mewujudkan anak sholeh dan sholeha dengan memiliki ketagwaan yang mantap, beraqlak mulia, memiliki intelektual yang tinggi,berketrampilan dan berkesamaptaan yang baik, peduli dengan agamanya, lingkungannya, social serta siap hidup menatap jamannya dengan ridho Allah SWT.

Dari Visi dan Misi diatas maka LPF mempunyai konsep yang meliputi :

  1. Tujuan pendidikan Islam
  2. Kurikulum pendidikan Islam
  3. Guru Muslim
  4. Sarana dan prasarana
  5. Kepemimpinan dan managemen
  6. Litbang

Dengan adanya perkembangan IPTEK, banyak merubah persepsi masyarakat terhadap nilai sosisal , budaya, ekonomi, politik dan tata nilai keagamaan.Hal ini merupakan suatu tantangan bagi kita semua baik guru maupun siswa-siswi. Untuk itu kita harus meningkatkan kwalitas diri kita maupun juga untuk anak didik kita didalam meggapai prestasi maxsimal yang sesuai dengan visi dan misi LPF.

Sebagai seorang guru seyogyanya kita memahami proses perkembangan dalam hubunganya dengan belajar, mengajar dan proses belajar mengajar didalam mengambil keputusan untuk mengelolah PBM.

Setiap menusia memiliki potensi untuk berkembang baik rohani maupun jasmaninya. Untuk itu melalui proses pendidikan jasmani diharapkan siswa dapat tumbuh dan berkembang untuk merangsang ketrampilan motorik, ketrampilan berfikir, emosional, social, moral dan juga fisiknya. Semuanya itu tidak terlepas dari :

  1. Proses Pematanganya
  2. Proses belajarnya
  3. Bakat atau pembawaanya

Didalam mencapai cita-cita yang diharapkan dengan tujuan adalah prestasi yang maksimal. Dengan pendidikan jasmani minimal anak mengetahui betapa pentingnya sehat itu. Rosullullah bersabda yang artinya “Ajarilah anak-anakmu bermain kuda, memanah, berenang dan bermain pedang” {Hadits riwayat Ad Dhailami}. Dengan demikian Islam tidak melarang untuk untuk berolahraga , untuk itu penulis mempunyai harapan dan cita- cita yang dituangkan dalam makalah ini dengan judul “MENGGAPAI PRESTASI BERSAMA LEMBAGA PENDIDIKAN AL FALAH MELALUI PENDIDIKAN JASMANI” guna mengantisipasi kebijakan dari diknas, untuk anak didik kita melanjutkan kesekolah yang mereka inginkan .

Untuk itu ada rumusan masalah yang perlu diperhatikan yaitu:

  1. Guru yang professional
  2. Sarana dan prasarana
  3. kesempatan mengikuti pelatihan –pelatihan
  4. Penghargaan